Posts

Showing posts from May, 2016

Cerita Rambut Merah Bilalang

Image
Entah kenapa jari ini, lagi semangaat banget buat nari, nulis di ceuceumeo yang udah jarang nan langka gw lakuin.
Meskipun badan males gerak, seakan jari ini otomatis menyalakan tombol ON pada laptop. Mau tidak mau, si gw mengikuti keinginannya yang teramat rindu bergoyang diatas tombol demi tombol. (Padahal dalem hati inget kerjaan utang yang belom kelar.. )  Sssttttt.. hehehe =P
Hmmmm nulis apa yaa?? Teringat pada salah satu kehidupan masyarakat di Sulawesi Utara.

Bayangan gw terbang ke bulan Mei 2014 lalu. Waaah, yesss.. Akhirnya bisa mendarat di Kota Manado. Perjalanan selama 21 hari (kalo gak salah yaaa), berjalan lancar, aman, terkendali. Bahkan bonusnya banyakkkk. Rezeki berlimpah. Rezeki disini bukan berarti uang yaa.. Pertemanan, pembelajaran adalah rezeki yang luar biasa bukaan??
Disana gw mendapatkan paket komplit sekaligus. Oke balik ke bahasan yang bakal gw ceritakan tadi. Soal kehidupan masyarakat di Kabupaten Bolaang Mongondow. Mereka menyebutnya masyarakat Bilalang.




Lo…

Berdirinya Benteng Somba Opu

Image
Ehmm..sebenernya ini tulisan hampir setahun ada di draft, dan cuma disave..Iyaaa, hanya disave, karena blom kelar. Baru diedit dan diposting hari ini.. Ya udah laah yaaa, daripada enggaaak.. haha.. Yaah kira-kira beginilah jadinya coretan yang hampir basi ini. =P
------------
Perjalanan kali ini sedikit berbeda.. Hanya bisa menginap di hotel paling lama 3 hari, lanjut ke lokasi berikutnya, nginep satu hari, dan lanjut lagi.. Lelahnya terbayar dengan kebersamaan, dan bertambahnya saudara-saudara baru..
horeeeee... Sulawei Selatan.. Provinsi pertama yang saya datangi di tahun 2012, Kota Makassar jadi sejarah pertama kalinya tugas luar kota..saksi bisu,,hehehe..
Bulan Mei 2013 dapet kesempatan kesana lagi.. Bahkan menyusuri sulawesi selatan sampai ke Pulau Selayar.. Amaziiing..
Sekali lagi, karena YAKIN.. Waktu pertama nginjek tanah Makassar, dalam hati bilang, pasti bakal ke sini lagi someday.. Begitu juga sebelum ke Makassar.. Pasti suatu saat bakal kesana.. Itulah energi positif yang selal…

Cakalang Fufu Minahasa

Image

Lengketnya Papeda Cukup Menggoda

Image
Perut bernyanyi..menandakan alarm waktunya makan siang. 

Siang itu, matahari terik menemani perjalanan saya di tanah Papua. Yaah tepatnya di Papua Barat. Lokasi yang sangat diinginkan para penggila keindahan bawah laut Indonesia. Apalagi jawabannya kalo bukan, Raja Ampat.. Betuuuuul sekali. hihihi =P

Bulan Juni 2014, jadi moment yang menyenangkan saat itu. Bisa bekerja, sekaligus berwisata.. Yeaaayyyy.. Alhamdulillah :))




Sekarang, karena perut saya sudah keroncongan, saya akan berbagi makanan khas Papua. Ada yang tauuu?? Tak beda dengan makanan khas dari Indonesia Timur lainnya, Sagu menjadi makanan pokok. Diolah menjadi Papeda.


Papeda terbuat dari tepung sagu yang jadi pengganti nasi sebagai sumber energi. 
Saya bersama mamak-mamak dan masyarakat di Desa Wisata Arborek, Pulau Arborek Kabupaten Raja Ampat mau masak papeda.

Masaknya simpleeee pake banget. Apalagi buat saya yang cuma melihat tanpa membantu prosesnya..hehe. 

Pertama, memanaskan air panas sampai mendidih. Lalu, tepung sagu y…