Berdirinya Benteng Somba Opu


Ehmm..sebenernya ini tulisan hampir setahun ada di draft, dan cuma disave..Iyaaa, hanya disave, karena blom kelar. Baru diedit dan diposting hari ini.. Ya udah laah yaaa, daripada enggaaak.. haha.. Yaah kira-kira beginilah jadinya coretan yang hampir basi ini. =P

------------

Perjalanan kali ini sedikit berbeda.. Hanya bisa menginap di hotel paling lama 3 hari, lanjut ke lokasi berikutnya, nginep satu hari, dan lanjut lagi.. Lelahnya terbayar dengan kebersamaan, dan bertambahnya saudara-saudara baru..

horeeeee... Sulawei Selatan.. Provinsi pertama yang saya datangi di tahun 2012, Kota Makassar jadi sejarah pertama kalinya tugas luar kota..saksi bisu,,hehehe..

Bulan Mei 2013 dapet kesempatan kesana lagi.. Bahkan menyusuri sulawesi selatan sampai ke Pulau Selayar.. Amaziiing..

Sekali lagi, karena YAKIN.. Waktu pertama nginjek tanah Makassar, dalam hati bilang, pasti bakal ke sini lagi someday.. Begitu juga sebelum ke Makassar.. Pasti suatu saat bakal kesana.. Itulah energi positif yang selalu dimunculkan.. Tatap mata saya..hahaha..apasiiih

oia ini waktu perjalanan pertama ke Makasar Pendaratan Pertama di Makassar ..dan harus coba menu wajibnya  Cikal Bakal Coto Makassar

Ini tempat yang kece juga looh Karst Maros hehe.. Udah yah flash back blog sebelom2nya.. sekarang kita lanjut perjalanan berikutnya.. 

Kali ini lokasi yang saya datangi, adalah Benteng Somba Opu










Benteng somba opu adalah benteng utama kerajaan gowa. Benteng ini dibangun untuk melindungi kota somba opu dari penjajahan Belanda. Benteng ini dibangun segiempat dengan tinggi 7 sampai 8 meter. Termasuk benteng terkuat looh..Soalnya ketebalannya dindingnya rata-rata 12 kaki.

Disinilah dulu menjadi tempat penyimpanan senjata. Namanya baluwara agung, yang dulunya menyimpan meriam terbesar milik kerajaan gowa yang dikenal dengan nama meriam anak makassar.

Tapi, karena terjadinya perang besar antara kerajaan gowa dan belanda, tanggal 24 juni 1969 benteng somba opu  dihancurkan dengan ribuan pon bahan peledak looh..

Di museum inilah tersimpan peninggalan dari benteng somba opu. Mmulai dari material batu bata, peluru meriam, yang digunakan pada masa itu saat melawan Belanda.



Ini bisa jadi salahs satu wisata sejarah yang boleeh dicoba. Sayang, tempatnya sepi pengunjung. Padahal bentengnya masih terlihat sama dengan bentteng aslinya.

ketemu adek2 yang mau ngaji




----------------- Ceuceumeo ----------------------
@nhaegerhana

Comments

Popular posts from this blog

Amigdala - Ku Kira Kau Rumah

Kisah Perjuangan Umi Tri Handayani Melawan Kanker

Cerita Rambut Merah Bilalang