Posts

Showing posts from September, 2017

Camilan Jengkol Khas Orang Banjar Kalimantan Selatan

Image
Siapa disini yang doyan jengkol??? Udah ngaku aja.. Gak perlu senyum-senyum malu-malu mau gituuu..hehehe.. =P

Cewe makan jengkol, udah bukan hal yang aneh dan bikin tengsin kok. Apalagi sekarang popularitas jengkol sudah makin hits di beberapa kota besar. Bahkan udah ada resto yang khusus menyediakan jengkol sebagai menu utamanya. Jengkol dibuat dengan aneka olahan sebagai teman makan siang bersama nasi.
Tapi, apa kabar kalo jengkol jadi camilan?? Jengkol dimakan tanpa nasi, dan jadi bekal camilan di kampus atau di kantor. Hmmmmm.. Seriuuss ada??
Jawabannya ada doong.. What?? Gak kebayang ngemilnya jengkol. Sedikit rasa tak percaya ketika Bang Jani, seorang teman yang tinggal di Banjarmasin bercerita tentang kedai jengkol fenomenal yang ada di Kota Banjarmasin.
Tepat bulan Oktober tahun lalu, kebetulan saya ada tugas di Kota Banjrmasin Kalimantan Selatan. Kali kedua saya menginjakan kaki di Kota seribu sungai ini. Kota yang punya banyak kuliner tradisional yang selalu membuat penasaran. T…

Tentang Jakarta Dan Keterasingan

Lampu-lampu jalan berpendaran, ketika malam mulai menempati tugasnya. Dari sudut jalanan Ibukota terlihat deretan bangunan kokoh menjulang tinggi menunjukan kekuasaannya. Mataku mulai menyapu satu persatu kendaraan yang berlalu lalang tak ada habisnya. Suara bising dan orang asing melintas tiada batas.

"Aaah Jakarta, sudah genap 5 tahun aku menitipkan sebagian kehidupanku disini." hatiku berbisik pelan. 

Tanggal 1April 2012, menjadi tanggal bersejarah dalam kehidupan baruku. Dimana keputusan besar, dengan mantap untuk hijrah meninggalkan kota kelahiranku..Yaaahh..Bandung.

Ingatanku menerawang, mengingat keraguan yang pernah bersemayam kala itu. Apakah aku harus mengambil pekerjaan ini, dengan resiko kontrak selama 5 tahun??
Apakah aku sanggup melewati 5 tahun dalam sebuah ikatan kerja di Ibu Kota??
Apa mungkin, rentetan tanggung jawabku di Kota asal, bisa aku selesaikan dengan berpindah??

Ternyata semua keraguan, kekhawatiran, keresahan, dan kecemasan hanyut ketika kita…

Raisa.. Lebih Dari Sekedar Patah Hati Nasional

Image
Siang itu, jalanan Kota Bandung begitu macet.. Terutama di jalan Pasteur menuju Gerbang Tol. Aah tentu saja.. saat itu adalah long weekend. Hari setelah perayaan Idul Adha kemarin. 

Soo.. yang namanya macet udah gak diragukan lagi deh..  
Tepatnya hari Minggu, tanggal 3 September 2017, saya harus kembali ke Ibu kota untuk mencari sesuap nasi dan mengais rezeki.. *Tsaaaahhh

Eittss tunggu dulu.. itu bukan hanya sekedar tanggal biasa.. Karena bertepatan dengan bulan Dzulhijjah. Salah satu bulan haram, yang penuh kemuliaan. Dimana umat islam di seluruh penjuru dunia melaksanakan rukun islam yang ke lima. Yaitu Naik Haji.

Saya pun teringat kajian dari Ustadz Khalid Basalamah. Beliau juga menyampaikan, bahwa 10 hari pertama di bulan ini, tak kalah luar biasa dengan 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan. Banyak pahala yang Allah berikan, Rugi jika kita menyia-nyiakannya.Untuk itu, sebaiknya kita melakukan jual beli karena Allah pada salah satu bulan spesial ini. 

Saking baik dan mulia nya bulan …