Polwan Srikandi Indonesia



Seragam cokelat itu membawa saya terbang ke massa unyuu, alias anak anak manis. Dulu, ketika ngeHits pertanyaan ke anak kecil, "udah gede  mau jadi apa??" Dengan senyum bangga, selalu menyebut "jadi ...." 

Seiring waktu, keinginan massa kecil itu hanya angan imajinasi cilik sekejap. Cita cita berubah lagi pada massanya.. Lagian, blom daftar juga udah gagal duluan tampaknya..hahaha

Seragam cokelat yang dimaksud, adalah Polwan..hehe

Hayooo pada Tau Gak Siih, Polwan pertama kali ada di kota mana di Indonesia??



w/ Apriastini Bakti BK.S.I.K. – Kabag Gassus Robinkar SDM Polri


Dari kota bukittinggi Sumatera Barat lah cikal bakal polisi wanita di indonesia. Para srikandi srikandi bhayangkara, saat ini berjumlah 21.211 orang looooh. Wooow banyak juga yaa. Tanggal 1 september 2015, adalah hari jadi Polwan ke 67. Untuk memperingatinya, polwan dari seluruh polisi daerah se indonesia hadir di kota bukittinggi.. 

Hampir seribu polwan/ terlibat dalam perayaan hari jadi polwan. Mulai dari kegiatan bhakti sosial berupa pengobatan gratis, donor darah, sunatan massal, juga pelayanan keluarga berencana. Masyarakat sekitar Bukittinggi memanfaatkan kesempatan ini tentunya. 

Setelah bakti sosial,  baru deeh acara kirab. Kirab  sejauh 800 meter, dimulai dari polres Bukittinggi, menuju jam gadang. Di sepanjang jalan sudirman kota Bukittinggi, ribuan polwan melintas dengan aneka jenis seragamnya.. Antusias masyarakat membuat suasana semakin semarak.



Gak hanya itu,  mereka unjuk gigi dalam keahliannya menggunakan moge alias motor gede. Motor patroli  biasanya digunakan untuk pengamanan, dan pengawalan tamu negara. Pemantauan kondisi jalan,  mengurai kemacetan, juga mengawal masyarakat  yang membutuhkan jasa pengawalan.


Kenapa seragam polisi berwarna cokelat??
Warna coklat diambil karena warna bumi. Polri pun harus bersifat membumi,  karena bertugas melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.

Setelah finish, ditutup dengan acara hiburan.. Polwan menunjukan kebolehan dalam berjanji..tariiik maaang..hehe










Keesokan harinya, acara puncak peresmian monumen polisi wanita. Mmonumen yang dibangun tahun 1992, baru tahun ini dilakukan pemugaran. Peresmian monumen polwan, tanggal 1 september 2015 kemaren, bertepatan dengan hari jadi polisi wanita RI ke 67.

Bapak Kapolri Jendral Polisi Badrodin Haiti, meresmikan pemugaran monumen di jalan sudirman kota bukittinggi. Monumen polwan ini, jadi salah satu benda cagar budaya di kota wisata bukittinggi/. Tentunya jadi monumen bersejarah dan lambang kebanggaan polwan.

 
Ada makna dari setiap desainnya. Relief monumen polwan menggambarkan cuplikan perjuangan polwan pelopor dalam menjaga dan menegakkan kemerdekaan indonesia. Plwan yang bertugas di beberapa bidang. Tinggi monumen 7 m, menggambarkan pedoman hidup polri tri brata/ pedoman kerja polri catur prasetya. Lantai dasarnya bersusun lima menggambarkan lambang pancasila. Kaki tugu berbentuk segi enam, mengambarkan jumlah perintis polwan 6 orang.



 



Selamat hari jadi Polisi Wanita.. Semoga bisa jadi contoh, panutan, dan mengayomi masyarakat Indonesia yaa



------------------ Ceuceumeo --------------------

Comments

Popular posts from this blog

Amigdala - Ku Kira Kau Rumah

Kisah Perjuangan Umi Tri Handayani Melawan Kanker

Cerita Rambut Merah Bilalang