Cinta Masjid Di Kampung Ta'Ba Tana Toraja #Part2

Saat masjid mulai ditutup akibat virus Corona, saya jadi teringat masjid yang berada di daerah pedalaman. Dimana mereka begitu kesulitan untuk membangun masjid. Dimana mereka sangat menginginkan memiliki masjid yang layak.

Masjid yang bisa menampung Jemaah saat shalat jumat. Masjid yang menjadi sarana untuk mencari ilmu.

Ternyata, negara Indonesia dengan umat muslim terbanyak, masih ada beberapa daerah yang belum memiliki masjid. Kalaupun ada, sangat minimalis, dan jaraknya sangat jauh dari tempat tinggal.

Kita yang hidup di kota, punya banyak pilihan masjid untuk melakukan ibadah. bisa di masjid raya, masjid dekat rumah, masjid dekat kantor, atau masjid di Mall. Banyak sekali kemudahan kita untuk melakukan ibadah, dengan pahala yang berlipat jika dilaksanakan di Masjid. Namun, ketika pandemic ini menyerang, manusia baru sadar betapa rindunya pada Masjid yang selama ini terabaikan.

Tahun 2018, saya menyadari betapa kita yang hidup di kota besar sangat beruntung dibandingkan mereka yang tinggal di pelosok daerah. Saya kagum dengan kerinduan dan mimpi warga Kampung TaBa untuk memiliki Masjid yang layak. Namun dengan masjid seadanya, semangat mereka untuk melangkahkan kaki ke RumahNYA sangat luar biasa.

Memang, lokasi kampung yang sangaaat sulit dijangkau oleh alat transportasi ini, menjadi salah satu hambatan. Jangankan ke masjid. Jarak antar rumah saja, bisa sampai 5 km.

Tapi.. apakah mimpi itu akan sirna???
Maha Besar Allah yang memberi kemudahan, menggerakan hati para dermawan untuk menyisihkan rezeki mereka, dan berinfaq di Yayasan Masjid Nusanta. Sehingga mimpi pun berbuah nyata.

Masjid yang selama ini diimpikan, kini ada di depan mata.

Kampung Ta'Ba terletak di Desa Batualu Selatan Kecamatan Sanggalla selatan Kabupaten Tana Toraja. Ini penampakan awal Masjid di sana.


Bersambung dulu yaaa ceritanya..
Mau nugas yang lain dulu..hhehee

Comments

Popular posts from this blog

Amigdala - Ku Kira Kau Rumah

Camilan Jengkol Khas Orang Banjar Kalimantan Selatan

Kisah Perjuangan Umi Tri Handayani Melawan Kanker