Kontingen Kebaikan Indo Relawan Asian Games 2018 Bersama AQUA

Jagad dunia maya beberapa pekan yang lalu terutama Instagram ramai dengan InstaStory cerita yang sama. Hampir semua teman saya posting rasa terharu dan bangga luar biasa pada moment itu. Yaapsss.. Opening Ceremony Asian Games.

Hmmm.. jadi penasaran pengen nonton.

Waktu itu saya lagi di kereta dalam perjalanan Jakarta menuju Bandung. Akhirnya saya Cuma bisa liat dari You Tube keesokan harinya.

Wowww emang keceeee maksimal.. Beragam kekayaan budaya bangsa tumpah disana. Pembukaan yang menampilkan keragaman khas tarian, lagu daerah dan parade dari peserta seluruh negara tampil disana. 

Pastinya bangga doong, kita jadi tuan rumah dari 45 negara. Panggung yang megah dengan pemandangan gunung dilengkapi aneka tumbuhan ciri khas Indonesia. Makin meriah dengan adanya penampilan sekitar 5.000 penari. Juaraaa deh sama semua yang terlibat di dalamnya.. Akutuuu ikut buuanggaa. Kalian luaarrr biasa.

Bahkan sampe Asian Games udah selesai aja kayanya masih belom move on yaa.. Berasa banget Olah Raga mempersatukan bangsa Indonesia.

Lalu saat opening Asian Games selesai, timbul pertanyaan.. Trus Gw ngapain dooong..? Negara gw lagi jadi tuan rumah, partisipasi gw apaan yaa?

Gak lama Mba Dzikra mengirim pesan via WA..


“Nhae ikutan ini yuuk..”

Waaaaah ini pas bangeeet.. Link yang dikirim adalah pendaftaran untuk jadi Indo Relawan. Volunteer Kontingen Kebaikan dari Aqua. Trus ngapain??

Yaa tugasnya dengan senang hati memunguti sampah yang berserakan di area berlangsungnya Asian Games.


Why Not ??


Semangat juga buat daftar. Padahal kerjaannya mungutin sampah. Tapi justru disitulah nilah kelebihannya. Menunjukan kepedulian terhadap kebersihan dan cinta pada lingkungan. Supaya semua peserta, pengunjung, dan semua orang merasakan kenyamanan tanpa adanya sampah yang berserakan. 

Bukankah, kita harus menjaga image bangsa di mata dunia? Yaaah minimal dari hal kecil berupa menjaga kebersihan.

Okeee kembali ke cerita awal jadi #kontingenkebaikan

Tadinya kirain gak diterima karena udah gak ada kabar. Eeh ternyata di tengah malam dapet email diterima. Dan tanggalnya sesuai dengan yang gw request. Hari Senin tanggal 27 & 28 Agustus 2018.





Siang hari, saya, Mba Dzikra dan Tante lupi yang mendaftar di tanggal yang sama, dengan semangat gegap gempita berangkattt.






Tiba di lokasi kami diberikan pengarahan dan seragam berwarna biru. Tentu saja senjata untuk bekerja. Total relawan sebenernya ada sekitar 4.000an. Tapi dibagi sesuai jadwal masing-masing.

Dari jam 3-5 sore kami mulai mencari sampah yang berserakan. Kantung yang kami bawa, dipisah mana sampah botol plastik dan sampai lainnya. Karena botol plastik nantinya akan didaur ulang kembali.

Bahkan kami juga gak segan menawarkan kantung sampah pada pengunjung. Agar membuang botol minuman ke kantung sampah yang kami bawa. 

Sssttttt,,Kalo liat ada yang minum terus botolnya hampir kosong semangat aja gitu nyamperinnya.. xixixi.. 

Saking rajinnya nyari sampah, meja-meja yang jadi arena tempat makan pengunjung saya bersihin. Tentunya izin sama yang lagi duduk disitu.


“Maaf sampahnya bisa saya ambil?”





Saya jadi merasakan gimana sih susah dan capenya jadi petugas kebersihan. Entah itu pelayan café, petugas kebersihan di jalan.. Tugas yang berat menjadi mereka. Tapi semoga Lelah menjadi lillah yaaa para pekerja yang luar biasaaaa.

Kami berkeliling memunguti sampah di luar dan dalam arena sesuai tanggung jawab kami selama bertugas. Panasnya luarr biasa saaat itu. Tapi semangat teman - teman relawan luarr biasa hebaaat.  



Oiaa.. #kontingenkebaikan Aqua yang didukung oleh Indorelawan ini bertujuan untuk menebar nilai-nilai kebaikan yang jadi ciri khas bangsa Indonesia. 

Dalam Asian Games ke-18, kita sebagai generasi muda bisa menunjukan kepedulian, dan keramahan kita terhadap lingkungan. Cihuuuyyyyy… Berasa banget deh the Energy of Asia. Yeaaayyyy..

Semoga semangat kebaikan, memelihara kebersihan bukan hanya musiman. Tapi berkelanjutan dengan ketulusan dan keikhlasan. 








Terima kasih IndoRelawan dan #Kontingenkebaikan



----------------------------- Ceuceumeo---------------------------------
@nhaegerhana



Tulisan tema bulanan #1minggu1cerita
Tema : Asian Games 2018

Comments

Popular posts from this blog

Amigdala - Ku Kira Kau Rumah

Kisah Perjuangan Umi Tri Handayani Melawan Kanker

Cerita Rambut Merah Bilalang