Pisang Ijo Kekinian Dari Kendari

Kalo kalian ke Sulawesi Selatan, pasti udah gak heran dengan salah satu kuliner tradisionalnya yang syegeeer, berwarna hijau, dengan bahan utamanya pisang. Apakah itu??

Yaaapss pisang ijo. Di Kota Makassar Sulawesi Selatan, kita dengan mudah dapat menemukan pisang, berbalut adonan tepung dalam mangkuk. Naaah.. Ternyata pisang ijo bukan hanya kuliner tradisional yang ada di Sulawesi Selatan saja looh. Di Sulawesi Tenggara, pisang ijo juga menjadi kuliner yang tak bisa dilewatkan. Tepatnya di Kota Kendari. 

Ibu Kota Sulawesi Tenggara ini, sedang mengalami kemajuan di bidang kuliner. Berbagai olahan rumahan, cafe, sedang marak dan berkembang di Kota yang kaya akan hasil tambangnya. Untuk makanan, perpaduan kuliner tradisional dengan kemasan menarik menjadi pilihan. Salah satunya,si pisang ijo yang disulap lebih kekinian dari segi penampilan.

Pisang Ijo bermetamorfosis, tapi tidak meninggalkan cita rasanya. Namanya pun menjadi Pisang Ijo Rainbow. Kulliner yang digagas oleh Factory Cafe ini, tentu membuat rasa penasaran saya untuk mencobanya. 

Sebenarnya, dia masih dengan bahan dan teknik pengolahan yang sama, hanya saja penyajian menjadi daya tarik tersendiri.



Pisang yang digunakan adalah jenis pisang raja. Bahan untuk mebuat kulit pisang, adalah tepung beras, tepung terigu, garam, dan pewarna makanan.



Prosesnya pun mudah, bahan kulit diaduk sampai rata, lalu digulung sampai menjadi halus. Setelah terbentuk tipis, masukan pisang di atasnya. Lalu gulung dan tutup dengan adonan kulit tadi. 



Setelah itu, dikukus dalam balutan daun pisang.





Oia bahan untuk sausnya pun, masih dengan bahan yang sama. Tepung beras dan teung terigu. Bedanya haya memakai gula sebagai pemanis.



Naah pisang ijo rainbow,gak kalah intagramable bukan?







Tulisan untuk #1minggu1cerita
-------- Ceuceumeo  ----------------
@nhaegerhana

Comments

  1. Pisang ijo ini favorit juga, apalagi kalo cuaca sedang panas2nya, makan pisang ijo dijamin merasakan surga dunia, hehehe

    Btw salam kenal yaa, saya dari Sulawesi Tenggara juga, tepatnya Bau-Bau

    ReplyDelete
  2. wuaaaaaah aku baru tau kalau yang renbow ini
    aku juga baru tau kalo ternyata pisangnya dibungkus daun pisang, terus dikukus
    wkwk

    ReplyDelete
  3. itu mah bukan pisang ijo lagi namanya, pisang rainbow merah kuning ijo

    ReplyDelete
  4. terima kasih atas informasinya, bisa juga mampir ke artikel mengenai pinjaman cepat jika berkenan. terima kasih banyak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Amigdala - Ku Kira Kau Rumah

Kisah Perjuangan Umi Tri Handayani Melawan Kanker

Cerita Rambut Merah Bilalang