Pilih Gelato Atau Es Krim ?

Perjalanan Bandung-Jakarta dikala Wiken emang bikin mati gaya. Kemacetannya sudah tak diragukan lagi. Apalagi hari minggu malam, saat semua orang, kembali ke Ibu kota dari liburannya.

Udara kota Bandung di malam hari masih terasa bersahabat. Sambil membuka HandPhone, berselancar adalah cara ampuh membunuh kebosanan malam itu.  Selagi berselancar perkulineran di dumay, alias dunia maya, tanpa sengaja saya dapat tempat yang kayanya passs buat santaiii sambil nikmatin lumernya Gelato. Tempatnya ada di daerah Pantai Indah Kapuk. Akhirnya, tempat ini jadi incaran berikutnya untuk saya sergap..Yeaayy..haha..

Daaaan,  tibalah waktu saya mendarat di Latteria Gelato And Dessert Bar. Dari luar, gedungnya terlihat mencolok dengan warna cokelat hitam, dan tulisan besar di atasnya.



Sambutan hangat  dari Koko Willy, selaku Manager Area membuat kami tak sabar mencoba beberapa menu gelato disana. 

 





Pertanyaannya adalah, apa bedanya es krim dan gelato ?



Gelato itu sebenernya es krim dalam bahasa Italia. Rasanya yang pasti beda sama es krim yaa. Gelato teksturnya lebih halus,  dengan kandungan lemak yang lebih sedikit dari es es krim.


Kalo masih penasaran bedanya.. Okeee.. jadi gini yaaa...Ehhmm..  Gula pada gelato antara 16 sampai 20 %. Sedangkan pada es krim,  gulanya lebih dari 22%. 

Gelato disuguhkan pada suhu minus 17 derajat celcius. Naah kalo es krim suhunya minus 20 derajat celcius. Jadiii itulah kenapa gellato lebih padat  dari es krim yaaa

Saya merekomendasikan tempat yang pas menikmati gelato sepuasnya,  dengan fasilitas wifi kenceeeng.  Oia, disini tempatnya bisa dibilang sangat luas untuk gelato bar yang pernah saya kunjungi. Ada 3 lantai dalam satu gedungnya. Apalagi, Mas Alvin sang Owner membebaskan penikmat gelato, nongkrong  lamaaa pake banget. Meskipun pesennya cuma satu menu..hihihi. baeek kaan???
Banyak varian rasa yang bisa jadi pilihan kamuu.. Iyaa kamuuu.. :p






Jangan heran kalo gelato itu cepet cair yaaa. Artinya bahan yang digunakan tanpa bahan kimia. Disini semuanya tanpa bahan kimia looh prosesnya.  

Mas Alvin, yang dulunya pernah belajar di negri Kangguru ini, mempraktekan ilmunya disini. Daaan dia bakal ngasih tips niih cara bikin Gelatonya :

Ingredients :
Susu
Cream
Garam
Gula pasir
milk powder
Huzzlenut taste.

Cara Membuat :
Semuanya kita masukan ada alat yang namanya thermo mix. Ini untuk bikin gelato skala kecil aja yaa. Fungsi alat ini,  untuk membunuh kuman, dan membuat tahan lama. Dengan kapasitas 2 liter, diperlukan durasi waktu selama 12 menit. 


Mas Alvin

thermo mix
Setelah itu, masukan pada churner. Alat yang fungsinya untuk proses pembekuan dari bahan cair sampai jadi es krim. Didalamnya berbentuk tabung pendingin,  yang memiliki pisau untuk pengadukan. 







Disinilah yang menentukan kelembutan atau tekstur gelato. Kecepatan pendingin, semakin cepat bahan cair jadi gelato,  hasilnya semakin lembut tekturnya. 

Istilahnya siih overrun. Istilah penting dalam pembuatan es krim. Artinya kenaikan volume gelato atau es krim setelah keluar dari alat ini. Yaaaah semacam bahasa teknis untuk persentasi udara yang dicampur dalam es kriim atau gelato.

Gelato teksturnya lebih padat dibanding eskrim. Karena proses pengadukannya lebih lambat. Berbeda dengan es krim yang lebih lembut. Karena pengadukannya lebih cepat. Ssooo terjadi peningkatan volume  es krim melalui udara. 

Jadi, jangan khawatir sama bahan-bahan yang ada di Latteria Gelato. Karena, kalo ada sisa yang gak terpakai, tentu gelato akan diganti dengan yang baru.
Selamat mencoba gelatonyaaa..

Semoga Bermanfaat yaaaa ^__^




Address :
Ruko Crown Golf, Blok D No. 39, 
Bukit Golf Mediterania, Jl. Marina Indah Raya, 
Pantai Indah Kapuk, Jakarta

Fasilitas :
Wifi
Vegetarian Friendly
Desserts and Bakes


Semoga bermanfaat yaaa ^___^


--------------------------------------- Ceuceumeo ------------------------------
@nhaegerhana




Comments

Popular posts from this blog

Amigdala - Ku Kira Kau Rumah

Kisah Perjuangan Umi Tri Handayani Melawan Kanker

Cerita Rambut Merah Bilalang