Jangan Pernah Kasih Kesempatan

Entah kenapa satu kata ini menari di benak gw "K E S E M P A T A N". Satu kata yang bisa berkonotasi positive, tapi juga negative buat gw. Sepuluh huruf di dalamnya punya buanyaak makna dalam setiap hal yang udah terjadi di sengaja maupun tidak.

Kalo di blognya Om Andri Wongso, tertulis .. Dalam pepatah Mandarin ada tiga niih:

1. 弱者等待机会 - ruo zhe deng dai ji hui (orang yang lemah, menunggu kesempatan)
2. 强者创造机会 - qiang zhe chuang zao ji hui (orang yang kuat, menciptakan kesempatan)
3. 智者争取机会 - zhi zhe zheng qu ji hui (orang yang cerdik & bijak memanfaatkan momentum / kesempatan).

Yapppps.. thats True..

Bukan kesempatan dalam pengertian positive yang pengen gw tumpahin disini. . Tapi kesempatan dalam arti sesuatu yang jangan pernah diperlihatkan..Aduuuh apa sih maksudnya ini?? hehehee

Ginii contohnya.. ada satu temen gw, sebut saja Anggrek. Dia sering dipukulin, disiksa ampe memar sama pacarnya kalo lagi ribut. Waah ini sih KDHBM alias kekerasan Dalam  Hubungan Bukan Muhrim..ckckc.. Yaaah itu satu contoh karena si Anggrek ngasih kesempatan buat dipukulin.. Soo si Cowo sebut saja Kumbang, ada peluang dengan leluasa.

Contoh nyata lainnya..
Temen cowo Gw, yaah anggap aja namanya Jacky.. ah kebagusan.. Joko..ah ntr ada yang sama lagi.. Hmm Kuya aja deh ya..hehe.. Dia sering jadi bulanan temen2nya gara2 kelakuannya yang absurd.. Gak aneh kalo dia sering dikatain jadi cowok tuna asmara laah, muka tukang siomaay laah, aah pokonya jadi bahan bulian semua orang.. Yapps itu semua kenapa?? karena dia yang ngasih kesempatan orang2 untuk ngatain dia semaunya..

Masih kasus soal kesempatan..
Bunga marah2 gak terima gara2 ada cowok yang gak kedip ngeliatin pahanya. Dia ngomel dan ngelabrak tuh cowok. EEh apesnya gw ikut kena ocehannya sepanjang hari karena kejadian yang menimpa dia.. Why???yess, the same answer..because there is a chance

And then.. Gw juga lagi ngalamin kesempatan kesempatan yang gw buat lainnya..
Tiga orang temen punya utang, yang udah setaun gak mereka bayar.. Wadyuuh gw kook malah ga enaaak buat nagihnya.. Kok rasanya, takuut buat ngingetin.. Sampe akhirnya memberanikan diri buat nagih. Itupun setahun berikutnya.. "Maaf, yang waktu itu kapan bayar, makasih?" send message

Fiuuuh.. rasanya deg degan buat nagiiih... Padahal itu hakgw.
Jawaban beraneka ragam "Oiaa kook baru ngingetin? yaah uangnya kepake" kalo yg ini "Ya ampuuun kok ga bilaang..lupa"

Tapi itu hanya berupa balesan sms, not action..sampe setaun setengah berlalu.. Biarpun ketemu, tapi gak ngerasa punya utang. Dan gw cuma dieem, masih gak enak buat nagiih.. Parahnya ada yang ngilang dan gak ada kabar sampe detik ini...Zzzzzz


Satu setengah taun berlalu, hanya satu yang bayar, itupun masih harus gw tanya dan tagih dengan kata "SATOTEMA" Salam, tolong terima kasih maaf.. yang udah jadi habbit gw kalo kirim sms ..alaah gaya..hehe =P

Kalo yang dua orang lagi mah susaaaah sampe detik ini, entahlah..
Disini sama sekali bukan ngejelekin siapapun.. Tapiiii gw jadi ngerti arti kata kesempatan yang gw kasih, bikin orang menyepelekan hal penting. Ya iyaaalaah, karena gw kasih kesempatan.. Gak hanya kesempatan, tapi kepercayaan. Jangan terlalu gampang percaya sama orang. Karena ngerasa diri kita gak mungkin ngelakuin itu, seolah orang lain juga gak mungkin bakakan gitu.. haha.. ngertii ga??.. Ini jakarta buuung.. Dan gw masih punya pikiran "Aaah gw percaya sama dia, kita kan teman"
Uhuuuukkk.. gak semuanya gitu yaa.. hikkksss  *Mewekseember

Kasus yang paling membekas, tertanam dalam ingatan.. uuhmm.. ketika lo gak salah, lo ngerasa diri lo beneer, bahkan udah ngasih lebih.. Tapi lo disalahkaan!!! DIMAKI MAKII.. Bahkan keluar kata kasar yang GAK PANTES diucapin dari mulut BOSSSS..parahnya DI DEPAN BANYAK ORAAANG.. Udah berusaha bela diri tapi MAKIN DISALAHIN.. akhirnya duduk manis ngasih kesempatan dia berkoar dengan muka berapi, kaya kerasukan. Fiuuuh hanya bisa beristigfar dalem ati kalo gini mah.

woooowww..
Yappps satu lagi jawaban yang sama.. Karena ada kesempatan.

Hewan aja, terutama pemangsa punya daerah kekuasaan. wilayahnya untuk cari makan, tempat tinggal. Mereka gak akan membiarkan siapapun mengambil aliih.. Mereka gak segan buat ngeluarin taring, kukunya kalo merasa terancam.

Thats the point.. Jangan pernah kasih kesempatan, orang buat masuk dan ganggu wilayah kita. Kalo kita punya sikap, keberanian, mereka gak akan memperlakukan seenaknya.. Ada saatnya kita harus mengeluarkan taring, memperlihatkan sedikit kuku yang siap mencakar.. hihihii.. hauuuuummmm.

Inget juga looh sama kata S A B A R..

“Laa tahzan, innallaaha ma’anaa…” yang artinya, “Jangan bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita…” (QS. At-Taubah [9]: 40)

Sama siapa lagi kita minta tolong??? yeaahhhh betuuuul.. tentunyaa.. My Lovely, My Allah.

Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah [2]: 153).
.
 Tapiii, sabar bukan berarti dieem nerima gitu aja. Kita berhak membela diri. Kita punya nilai Guuyssss..ehhmm.. :)) *Pasang kuda kuda

Jangan pernah kasih kesempatan. Ada saatnya melawan selama dalam kebenaran :)
Tapi tetep dengan kelembutan eaaaa.. hehehehe =P

Caiyooooo


#Remindertomyself

-------------- Ceuceumeo --------------
 
@nahegerhana





Comments

Popular posts from this blog

Amigdala - Ku Kira Kau Rumah

Kisah Perjuangan Umi Tri Handayani Melawan Kanker

Cerita Rambut Merah Bilalang