Racikan Bumbu Sate Kolombi


Defries dan sate


Makan gak yaaa??
Ada yang tau, sate apa yang lagi saya pandangi dengan penuh mupeeeng????
Kalo ada yang jawab sate tusuk, ya iyaaalaaah.. namanya juga sate.. hehe.

Ini bukan sate sembarang sate yaaa.. Tapi sate khas dari Manado broooww. Namanya sate ko-lom-bi. Alias kolombi. Nama kolombi itu, sebutan untuk keong sawah. Jadi, sate ini dibuatnya dari siput yang dibakar.

Proses mencari keongnya, gampang untuk yang tinggal di daerah Danau Tondano. Kalo kalian belum kenalan sama Danau Tondano, itu looh Danau terluas di Sulawesi Utara. Luasnya sampai 4.000 hektar.

Saya ikutan cari keong di Danau Tondano niih ceritanya.. hehe

Keong-keong ini, hidup di genangan air rembesan danau Tondano. Waktu yang passs mencari hewan yang satu ini, biasanya di pagi hari. Pastii pass deh itu. Karena mereka bakal muncul di tanaman eceng gondok di jam-jam segitu. Makluuum, mereka punya kesibukan sendiri, jadi kalo mau ketemuan harus on time yaaa..hahaha.

Karena dia nempel di tanaman eceng gondok tadi, jadi menangkapnya juga gampang bin mudah deeh.

                 

"Horeeeee keong udah terkumpul banyaaak" teriak saya saat itu... Sekarang tinggal bawa pulaang. Makin banyak keongnya, makin PR masaknya. Karena kita harus mengeluarkan satu persatu dari rumahnya. Duuh maaf ya Eoooong, terpaksa melakukan ini semua. Memisahkan makhluk ini, dari tempat dia hidup, ibarat memisahkan aku dan.. ah sudahlah.. haha apa sih ini???









Oke lanjut lagi yaaa.. Kalo udah keongnya dipisahkan, tinggal meracik bumbu ala Minahasa.

Buat kamu kamu yang emang ada rencana ke Manado, mwajib mampir ke Kabupaten Minahasa untuk mencoba kuliner yang satu ini. Di sepanjang jalan Boulevard Tondano Kabupaten Minahasa, bisa ketemu banyak warung makan yang jualan sate kolombi.

Ini dia bumbu-bumbunyaa.








Kalo udah tercampur rata, siap dibakaarr..








Eeehh jangan sampe ketinggalan sambal dabu-dabu. Ini sambelnya puooolll. Kalo penggila pedess sih dijamin doyan suroyan. Lidah siap digoyaang. Perpaduan pedasnya membuat semakin menyengat di lidah. Makan sate kolumbi gak rugi juga yaa. Karena ada nilai gizi tinggi. DAgingnya itu looh, mengandung protein, dan mengandung rasa rinduuu.. hehehe =P





Harga satu tususknya, Rp. 2.000,- Waaah masih pas di kantong kaan..??
Apalagi, makan disini, ditemani keindahan alam Danau Tondano. Udaranya segeeer, karena ada di kawasan pegunungan.

Selamat makaaan :))






----------------------- Ceuceumeo ----------------------
Manado, Mei 2014
@nhaegerhana

Comments

  1. Gambarnya keren, satenya nampaknya lezat, eh tapi mana narasinya hhehehe

    ReplyDelete
  2. cipuuuuuu..hehe. iyaaah narasi menyusul..haha..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Amigdala - Ku Kira Kau Rumah

Kisah Perjuangan Umi Tri Handayani Melawan Kanker

Cerita Rambut Merah Bilalang