Cinta Masjid - Yayasan Masjid Nusantara #Part1

Oktober 2018

Pagi itu, saya mendapat pesan singkat dari Produser, yang isinya menugaskan saya untuk menggerjakan program Ramadhan 2019. Karena PIC sebelumnya sedang hamil, jadi tugas dadakan ini diserahkan ke saya. Waduuuh..

Keesokan harinya, saya menemui Mas Radit, dan Mas Guntur untuk membahas mengenai program special Ramadhan 2019 yang akan kami kerjakan.Dan ternyata, programnya menariiikkkk.

Memang, jarak menuju bulan Ramadhan 2019 saat itu masih panjang. Ada jeda sekitar 7 bulan. Tapi yang membuat program ini berbeda dan harus dimulai secepatnya karena akan membangun sebuah masjid di pedalaman. Sehingga butuh waktu pengambilan gambar saat sebelum membangun Masjid, proses pembangunan dan setelah masjid tersebut berdiri kokoh. 

Di tengah padatnya pekerjaan program reguler yang sedang saya kerjakan, saya menyambut dengan antusias program ini. Yesss..

Kenapa?? 

Karena bagi saya program ini, bukan hanya sekedar sebuah tayangan. Tapi mudah-mudahan ada nilai pahala dan berkah dengan membangun sebuah masjid. Asyiiikkk..

Bukankah ada hadits yang isinya 

"Barang siapa yang membangun masjid, maka Allah akan bangunkan baginya semisalnya di surga." HR Bukhari dan Muslim
Yaah belom bisa membangun masjid dengan uang sendiri, mungkin dengan menyumbangkan tenaga, waktu, siapa tau kaan kecipratan juga pahala bangun masjidnya.. hehehee..

Setidaknya, saya berharap menjadi bagian dari orang-orang yang mendapatkan berkah di dalamnya. Aamiin..

Disela-sela pekerjaan reguler, saya harus meluangkan waktu untuk riset dan persiapan keberangkatan menuju 4 titik pedalaman. Tana Toraja, Banten, Lombok, dan Palu. Sementara saya mengerjakan 3 titik saja. Wadidaaw.. Semangaat, ini bangun masjid, ayoo semangat.. Itu kalimat yang saya hadirkan kala pala berbi pucing bagi waktu.

Waktu yang sudah mepet, membuat semuanya harus bergerak serba cepat. 

Oiaaa, Program ini, bekerja sama dengan Yayasan Masjid Nusantara. Yayasan Masjid Nusantara yang lokasinya ada di Kota Bandung, sudah banyak membangunan masjid di berbagai pelosok Indonesia. Yaaa, hampir seluruh Nusantara sudah ada masjid yang dibangun oleh Yayasan ini. Warbiasaaak.. Kereeen.

Kali ini, saya merasa beruntung karena dapat menambah teman dan pengalaman dari mereka. 

Titik pertama adalah Kampung Ta'Ba di Tana Toraja. Saya langsung menghubungi fixer atau teman yang berada di Makassar. Dia biasa membantu kami di lapangan. 

Dari pihak Yayasan pun, memberi saya kontak Ustadz Bukhori, Imam Masjid di Kampung Ta'Ba, dan Pak Guru Syahrir. Mereka banyak membantu saya dalam riset sebelum keberangkatan. 

Persiapan dari mulai pemilihan Host, Wadrobe, Item liputan, dan timeline kami persiapkan semua, sebelum keberangkatan. 

Daaaan waktu keberangkatan pun tibaaa..


Bersambung ^_^

Comments

Popular posts from this blog

Makna Dibalik Tari Giring - Giring Kabupaten Timor Tengah Selatan

Cerita Rambut Merah Bilalang

Tari Biola Dari Desa Adat Fatumnasi Nusa Tenggara Timur