NGOMENG Apaan siih???


Kalo liat gambar di atas, ini bukanlah gambar lagi arisan, atau lagi bergunjing riaaa yaa..hehe.. ^_^

Tapi kita lagi mau NGOMENG..
Haaah ?? Apaaan tuh NGOMENG?? 

Hmmm.. Ngomeng adalah singkatan dari Ngomong English.. wuihh.. 
Yaps..Wadah berkumpulnya kami-kami yang pengen belajar cas-cis-cus ngomong enggreeess.. haha

Sedikit cerita sejarah NGOMENG dulu yaaa..
Kegiatan yang digagas oleh seorang teman.. Dia salah satu panutan saya, ehmmm.. (Jangan GR ah Kaaak =P )

Nama lengkapnya Nur Febriani Wardi. Dia adalah penulis buku best seller "Haram Keliling Dunia". Buku yang sangat menginspirasi, menceritakan seputar beasiswa, travelling, dan voluntourism. Kalo pengen tau lebih dekat dengan Buku HKD, bisa dibaca di tulisan saya duluu bangeet di kompasiana =P Haram Keliling Dunia

Okeee balik lagi ke Ngomeng..
Karena pengalaman Kak Ani (panggilan akrab Nur Febriani Wardi), yang dulu merasa sulit mencari tempat belajar bahasa Inggris di kampung halamannya, di Kalimantan Barat. Terpanggilah hatinya untuk membuat suatu komunitas yang memberikan wadah belajar ngomong english gratis.. 

Ditambah, dengan beberapa relasi bule-bule yang dia miliki sekarang, membuat rencana untuk mendatangkan native speaker lebih mudah.

Alhamdulillah.. Bulan Maret 2014 akhirnya Ngomeng lahir..  yeayyy..

Saya termasuk yang sangat jarang dateng, karena jadwal yang selalu bentrok dengan pekerjaan yang berada di luar Kota Jakarta. Tapiii akhirnyaa bulan Agustus 2016, akhirnya bisa ketemu lagi dengan temen-temen baruuu di NGOMENG..

Kegiatan ini, digelar satu bulan sekali. 
Kebetulan, bulan ini ada Emma yang berasal dari Inggris, dan  Michelle dari Scotlandia yang jadi Volunteer.

Sekitar 20 peserta meramaikan kegiatan ini. Lokasi nya pun, selalu berbeda tiap bulan. Naah kali ini, kita di kantor Kak Ani, di Yayasan Balita Sehat.

Volunteer native speaker yang datang luar biasaa baiiknyaaa.. Mereka dengan sabar mengajarkan kita semua secara bertahap.. 

Volunteer NGOMENG kadang berbeda tiap bulannya. Beberapa ada yang sudah kembali ke negara asalnya. Tapi kehadiran mereka memberi kesan untuk para peserta.. 



Okeee, kurang lebih, kaya gini kegiatannya yaa..
Kami dibagi menjadi beberapa kelompok kecil..



Sesi pertama 
READING..
Secara bergantian kami membacakan cerita dengan tema yang sama. Membenarkan cara membaca setiap kata.. Mencari tau arti dari kata yang belum kita ngertii..





Sesi kedua 
TANYA JAWAB
Native Speaker memberikan pertanyaan pada masing-masing peserta. Tema yang diangkat berbeda setiap bulannya. Kak Ani lah yang berperan menentukan tema, membuat pertanyaan yang bakal ditanyakan oleh Native Speaker.
Intinya sih, kita dipancing untuk berani NGOMEENG





Sesi ketiga
TANYA JAWAB
Masih tanya jawab, hanya setiap session Native speakernya bergantian.. Soo kita  bisa belajar banyak dari mereka.



Kegiatan ngomeng ini GRATISSS, dan siapa aja boleh ikut, dengan cara mendaftar setiap acara bakal dimulai. Pantengin aja twiiter @enefwe atau @ngomeng



Meskipun jarang dateng tapi selalu suka dengan suasana NGOMENG. Hampir semua peserta awalnya gak saling kenal. Dan disinilah kita dipertemukan dengan satu tujuan.. BELAJAR.. ciyeeeeh..

Semoga NGOMENG bisa terus berjalan, dan tentunya jadi kegiatan yang sangat bermanfaat..

Thanks Kak Aniiii, yang udah ngajakin ikutan ngomeng..
 
 







 -------------------------------------- Ceuceumeo ------------------------------------------
@nhaegerhana







Comments

  1. Menarik banget idenya...wajib harus dishare ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih yaaa..
      Iya ini kegiatan positive yg bermanfaat bgtttt :)

      Delete
    2. Makasih yaaa..
      Iya ini kegiatan positive yg bermanfaat bgtttt :)

      Delete
  2. Ini mah harus diduplikasi
    Keren ideu-nya
    Makasih GA nya ;)

    ReplyDelete
  3. coba bikin kayak gini tapi yang bahasa daerah, soalnya kan anak2 jaman sekarang udah jarang yang ngomong bahasa daerahnya karena di sekolah dan di rumah udah pke bhs indonesia semua.

    ReplyDelete

Post a Comment