Kabupaten Terluas Indonesia Ada Di Papua


salam dari Papua
Keceriaan menghiasi wajah polos putra-putri Papua. Dengan penuh semangat semua anak menyambut, mengulurkan tangan bersalaman, sambil terdengar riuh berkata "Kaak..foto dooong.."
atau sekedar "Kakak, dari jakarta kaah??masuk tv kah?" dengan aksen yang khas..Semangat inilah yang saat ini saya rindukan dari adik adik di Merauke.
Saay ciiiis semuanyaaaa..









Di Sekolah Dasar yang sederhana, semangat belajar mereka tak kalah dengan anak Ibu Kota. Impian menjulang tinggi, membawa jati diri, membanggakan Ibu Pertiwi, suatu saat nanti.. Harapan yang terus digenggam tak sekedar angan. 







 

Kesederhanaan, kepolosan, keramahan, kekompakan terlihat dari kerumunan siswa siswi Sekolah Dasar ini. Tak hanya penduduk asli, pendatang pun banyak yang menjadi bagian dari keluarga kecil di salah satu Sekolah Dasar Negri di Bumi Cendrawasih.


Selain dikenal sebagai wilayah paling timur, Merauke ternyata menjadi Kabupaten terluas di Indonesia looh. Menurut  Drs. Tjiong Giok pin, M.Si. – Ahli Geografi UI,

"Kabupaten terluas di indonesia, ada di merauke Papua.. "

Woooww..Ternyata Kabupaten dengan luas 45.000 km2.. Ada cara untuk mencari kabupaten  terluas.. Melihat provinsi paling luas, dengan jumlah kabupaten sedikit..pasti kabupaten disana luas-luas, itu tips menghitungnya yaa..


Pose pertama pas sampe
Pulang trip tetep foto ..wkwk
Perjalanan 8 jam di pesawat
Dari jakarta, biasanya jam tengah malam adalah pilihan yang tepat. Karena lama perjalanan bisa sampai 8 jam. Jangan lupa bawa makanan, cemilan, minuman jika pake pesawat lion. MAklum, perjalanan selama itu kita gak dikasih snack.. Jaga-jaga kalo laper..hehehe.

Sekitar pkl. 07.00 kami mendarat dengan selamat di Bandar udara Mopah Kabupaten Merauke. 

Kapupaten yang ada di provinsi Papua ini, luasnya hampir 15% dari keseluruhan wilayah provinsi Papua. Pantas saja, jika kabupaten ini menjadi kebupaten terluas di indonesiayaa. Kabupaten merauke menjadi gerbang timur perbatasan antara Papua New Guinea dan Indonesia.  Kabupaten merauke sudah didirikan sejak tahun 1902.  Tugu ini mengandung arti perjuangan bangsa indonesia saat pembebasan irian barat dari tangan penjajah. 

 




Langit yang cerah, suasana kota berasa ada di Jawa..hehe.. Karena banyak penjual, pedagang, dan Rumah Makan yang pemiliknya dari jawa. Jadi gak usah khawatir dengan menu masakan selama disana. Banyak pilihan. Penduduk asli, lebih banyak berjualan hasil alam, seperti buah buahan, sayuran di pasar.
salah satu warung di merauke

ala ala ..hehe

 Senja di Pantai Lampu satu, memanjakan mata. Pantai lampu satu terletak 3 km dari pusat kota. Tidak jauh memang. Hanya sekitar 10 menit sudah sampai di lokasi ini. Nama pantai diambil dari mercusuar yang ada di sisi pantai, yang digunakan sebagai alat penerang.


Teman baru selama liputan disana


 

Jangan lupa, untuk berkunjung ke tugu perbatasan RI-Papua New Guinea. Perjalanan sejauh 80 km siap ditempuh untuk menuju distrik Sota.  Menariknya, ada taman Sota yang selalu dijaga, dipelihara oleh Pak Polisi bernama Pak Ma'ruf. Beliau bertugas di pos  perbatasan sejak tahun 1993. Gayanya yang ramah, hangat, dan selalu tersenyum kepada semua pengunjung saat itu. Saya sempat kaget ketika mendengar cerita beliau, katanya hanya pake baju koko baru sekali selama dia bertugas. Sisanya beliau tak pernah lelah, terus bekerja walaupun waktu libur. ckckckc..luar biasa Paaakk..semangaattt. :)

Tugu Kembar Sabang dan Merauke
bersama Pak Ma'Ruf
Perbatasan RI
 
pardon me..hehe

Bumi Cendrawasih begitu kaya akan pesonala. Alam, aneka satwa langka, budaya, kuliner, dan keramahan penduduk lokalnya. Semoga kekayaan yang melimpah, menjadi berkah untuk penduduk lokal disana.

Thx banyak buat Bang Ernes, wartawan media yang baik hati menemani selama disana, sampe ketemu lagi kaakaak.. Buat keluarga Mamah Nanih atas tebengan rumah buat shooting..hehehe.. Semoga bisa bejumpa lagi kitaaa..amin.


 

Salam dari tanah Papua
Salam dari kami untuk Papua :)



Note : Sebagian foto hasil jepretan Rico DY

------------------------ Ceuceumeo-------------------
@nhaegerhana

Comments

  1. Nhae tahu aja cara bikin orang ngiler ke Papua. Keren keren fotonya dan anak anak Papua memang adorable. Fotonya ditambah lagi Nhae :D

    ReplyDelete
  2. Makasiiiiihhh Bang Cipuuu.. Ah masih kalah sama senior..hehe. Siap laksanakan kakk :)

    ReplyDelete
  3. ah pele itu sedikit saja yang kamu publikasian, masih banyak lagi kitorang pu tempat yang bagus2,, Mari datang kemari ke Kota Rusa kami...

    ReplyDelete
  4. Salam.
    Senang jika banyak media yang bs mengeksplore kota tercinta kami, Merauke.
    Mengeksplore dari sisi pesona keindahan alam, budaya dan moderenisasi perkotaan yang ada d Merauke layak untuk di publikasikan. Mengapa tidak, sebab di luar daripada provinsi Papua, sangat banyak sekali yang tidak mengenal dimana itu Merauke. Apakah Merauke sudah ada rumah tinggal dengan klontruksi batu, apakah merauke sudah menggunakan baju, apakah merauke ada jaringan dan internet.
    Pertama, jelas, sewaktu bersekolah dasar, semua pernah menyanyikan lagu "Dari Sabang Sampai Merauke".
    kedua, merauke sama modernnya dengan kota - kota lain yang ada di Indonesia. Menggunakan baju dengan kain yang sama bagusnya, menggunkan internet bahkan dengan Video Call pun Merauke sudah secanggih itu.
    Namun tidak banyak yang tahu.
    by Anak Merauke yang suka Traveler.
    Salam

    ReplyDelete
  5. mantap gambarnya..Merauke masih banyak tempat2 yg indah yg tdk pernah terekspose Media
    salam dari Kota di Ujung Timur Indonesia#Merauke

    ReplyDelete

Post a Comment