Goa Grubug

Okei deh, masih di Jogja yaa.. ini lanjutan Jogja Itu Candu hehe

Tantangan wisata yang penuh adrenalin adalah caving meeen..hihi.. Perlu keberanian kalo mau nyoba yang satu ini..Lokasinya di Gunungkidul tepatnya berada di Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul. 

Sekitar 8 Km timur kota Wonosari atau kurang lebih 50 km tenggara Kota Jogjakarta. Goa ini merupakan salah satu dari sekitar 400 goa yang ada di kawasan pegunungan karst Gunungkidul. Goa Jomblang merupakan goa vertikal yang terhubung dengan Goa Grubug yang berada disebelah utara Goa Jomblang.



semua tidur terlelap
Menuju Lokasi



Karena Goa jomblang lagi ada perbaikan waktu itu, jadi kamike goa grubug yang lebiiih dalaaammm..

Kalo saya sendiri, bukan gak berani naik looh.. Tapi waktunya gak cukup, trus biar fokus yang ambil gambar aja deeh..hehehehe
  
Alat tempur wajib

Ini juga penting bangettt =P

Yah kira2 kaya gini lubang masuknya








Sebenernya sayang juga sih, saya sebagai penulis disini gak ngerasain gimana rasanya masuk ke dalem..hehehe.. Tapi kalo liat muka alias wajah yang turun..ehm, agak tegang2 gitu mukanya..hihi .. Bayangin aja, kedalamannya 90 meter..

Di dalem gelap, pake tali yang terombang-ambing.. Yah itulah hidup..apasiih..hahaha

Cuaca yang emang lagi musim hujan, nemenin kita yang lagi di tengan hutan.. ceess hujan yang mulanya endirian, tiba-tiba dateng gerombolan dan buanyaaaakkkk!!! Doorrr

Untungnya temen-temen udah sampe di dalem, dan mereka gak keujanan.. Ya iyaalah .. secara mereka udah di dalem goa.. Tinggal nasib kita-kita ini 5 orang yang basah kuyup bermandikan hujan..

Kalo cuaca bagus, dan matahari muncul, disana bisa liat yang biasa disebut 'Cahaya Ilahi'

Sinar matahari yang masuk ke dalam goa akan terpantul di dalam, seolah ada setitik harapan dari dalam sana..hehehe.. Sayangnya hujan, dan matahari masih sembunyi.. Oia, jam yang tepat kalo mau ke goa grubug ini adalah jam 09.00 pagii..okeey ?

Karena hujan diluar, kami mengirim makanan, kopi ke dalam goa.. Setelah beberapa lama di dalam goa, teman-teman akhirnya memutuskan untuk naik kembali..

Dengan kerjasama, tenaga, dan juga doa.. kita narik dengan tambang mereka-mereka yang tadi turun.. yah 4 orang yang ada di dalam goa. Berat luar biasa ngangkatnya.. Entah itu berat dengan dosa, apa berat badan yang emang gede-gede..hehehe..

Ditambah tali yang licin, tanah yang basah.. udah kaya maen tali tambang deeehh.. Semua berhitung.. 1..2..3.. tariiiiiikkk!!!

Yeesss, nanti saya juga akan coba langsung goa grubug ini.. hehe =)





Tim horee

Comments