Jayapura Tanah Papua



JANUARI 2013



Siang hari yang terik, kucoba membuka HP dan mengecek email yang masuk hari ini.  Yah benar, ada inbox di milis yang isinya pembagian tim untuk bulan ini.. 

"Hmm..kira-kira siapa pasanganku bulan ini?? Dan akan berkunjung ke belahan Indonesia mana??" tanyaku dalam hati.

Mataku terpaku pada sebuah nama dan lokasi yang tersirat dalam email kali ini.. Tak mau berkedip, karena takut ada tulisan yang salah.. What??????

Nhae - Kiki   Jayapura - Wamena

Tulisan yang sangat membuat hatiku riang gembira melayang di udara (ini versi lebay..hihi)..Panas terik seketika berubah jadi sejuk.. hihihi

Alhamdulillah.. Segala puji bagi Tuhan..

Kali ini di awal tahun 2013, aku akan menginjakan kakiku ke tanah Papua.. wooowww.. Salah satu tempat yang sangat ingin aku kunjungi.. *JogetDangdut

Senang, sedih, riang, haru biru menyatu.. Rasa dag-dig dug pun menjadi satu.. Riset lokasi, mencari kontak nara sumber, bertanya sana-sini, sampai mendekati hari H.. jantungku semakin berdebar..

Oh God kenapa rasanya kok jadi takut yaah?? Setelah minum obat pencegah anti malaria, rasanya masih ada yang kurang.. Sampai akhirnya, senjata pamungkas yang harus selalu dikeluarkan setiap saat, harus kutambah nilainya.. 

SEDEKAH..

Sedekah menolak berbagai bentuk musibah bagi siapapun, sekalipun mereka dari golongan orang zhalim, bahkan kafir sekalipun. 

Rasulullah Saw bersabda’. “Sedekah dapat menyelamatkan manusia dari kematian yang buruk.” (Al-Wasail 6: 267, hadis ke 4).

Setiap kali bersedekah, makin menguat kebahagiaan dan makin besar kesenangan. 
 Allah Ta’ala berfirman :”Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yang beruntung (QS. 59: 9).

Sama sekali bukan bermaksud RIA, maaf ya Allah.. Tapi inilah yang menjadi senjata setiap langkah.. Memohon PadaNya, meminta ridhoNYA..

Kutekan tombol phone book di HP, lalu menelpon Pak Indrajit pengurus Panti Asuhan untuk meminta no rekening.. Sekedaar info, Panti Asuhan yang didirikan olehnya, biaya sendiri, anak asuhnya banyak, tempat seadanya. Jika ada yang mau membantu sangat ditunggu loh :D

Setelah mentransfer, rasany lebih tenang.. Semua diserahkan PadaNYA..
 

*****
Bandar Udara Sentani


Perjalanan panjang selama 8 jam akhirnya sampai juga.. Jam 6 pagi sudah sampai di Jayapura.. Tiba-tiba sebuah bencana datang.. tas yang berisi alat seperti lampu, batrai, dll senilai 7 juta RAIB.. Tas didalam kabin pesawat yang kami tumpangi hilang.. Ada yang membawa tas kami.. Panik bukian main.. Baru sampai, dan alat sebagai senjata kami entah kemana..

Aku lapor pada Pramugari, security, dan segera berlari mengejar penumpang yang mengambi tas kami.. Panik bukan main, berjaga di pintu keluar Bandara, dengan perasaan gak karuan.. Mas kiki sebagai partnerku lebih panik lagi. Berlari mencari satu persatu tas yang dibawa penumpang yang ada di sekitar Bandara.

Setelah lari kesana-kemari, akhirnya tas kami ditemukan..Thx God.. Ada seorang Bapak bersama keluarga besarnya yang dengan tidak sengaja membawa tas kami..Aagghhhhhh.. Alhamdulillah masih rezeki.. hufttt

 
TIPS :
Simpan tas di dalam kabin tepat di atas tempat duduk yaa.. Kalo kepepet dan jauh, AWASI, WASPADALAH!!!

******

JAYAPURA

Dalam bahasa sansekerta, jaya adalah kemenangan. Pura artinya kota. Pura adalah penghargaan masyarakat yg hidup didalamnya  suka cita yang luar biasa.  Sebagai kota kemenangan, karena telah menjadi bagian dari negara indonesia.


Kota jayapura, didirikan oleh kapten infanteri F.J.P Saches, dari kerajaan Belanda, 7 Maret 1910. ..Karena melihat kota jayapura ini seperti di holandia, berlekuk ada teluk dalam teluk. Akhirnya dia menamakan kota ini holandia.
  
Jayapura bisa juga disebut sebagai penjaga pintu gerbang indonesia, karena kota ini terletak di bagian  paling timur, dan berbatasan langsung dengan negara tetangga Papua New Guenea. 
Kota ini sudah berganti nama 4 kali. Pertama Holandia, lalu Numbai, Kota Baru, dan terakhir Jayapura.  
Kota Jayapura dari Bukit =P
****
DANAU SENTANI

Danau Sentani

Danau sentani ini terbentuk akibat pergeseran lempengan bumi, sehingga terjadi pengangkatan daratan. Lautan pasifik yang ada di antara danau sentani dan kota jayapura bagian  timur, tertutup oleh tanah yang terangkat. Dan munculah pegunungan cyclop. lalu terbentuklah danau sentani.

Air danau ini, bersumber dari pegunungan cycloop melalui  beberapa sungai yang tersebar di kawasan daerah aliran sungai sentani.

Danau sentani ini, udah lama dikenal dalam dokumen-dokumen Belanda waktu jaman hindia belanda. Dikenal dengan sentani mare.. Dalam bahasa belanda artinya danau sentani..

Naah orang lokal menyebut danau sentani sebagai buyaka. Artinya daerah perairan yg luas tapi tawar.

Oiaa, danau ini dikelilingi oleh perkampungan penduduk yang tersebar di 22 pulau kecil di  danau sentani.

Jika menyebrangi danau ini, salah satu pulau kecil yang berpenduduk adalah pulau Asei.Di pulau asei  inilah masyarakatnya masih membuat dan melestarikan budayanya. Mereka membuat kerajinan khas jayapura. Seperti rok, hiasan dinding dari kulit kayu.

Cara membuatnya, kulit kayu  ditumbuk di atas batu dengan menggunakan besi. Setelah dicuci dan dikeringkan, kulit kayu siap dilukis menggunakan kuas dari bambu. Hasil lukisan kulit kayu dirajut dengan kulit kayu lainnya. Jadilah rok khas jayapura dari pulau asei kabupaten jayapura.

Harga hiasan dinding dari Rp.50.000 - Rp 100.000,- 

Pose bersama anak2 Pulau Asei

Ciiiissssss
 

 *****

TUGU MAC ARTHUR





Mac arthur adalah seorang tokoh dari Amerika Serikat. Memiliki peran dalam perang dunia ke dua, dan ternyata di kabupaten jayapura ini ada tugu mac  arthur looh.. Tugu mac arthur..sebagai simbol kehadiran sekutu di holandia atau papua. Sebagai tempat pembelanjaran, bukti bahwa adanya kehadiran sekutu di jayapura. Dan menjadi bagian dari sejarah perang dunia II.

Tugu mac arthur terletak di pegunungan  ifar Kabupaten Jayapura. Mac arthur adalah seorang panglima perang sekutu,  yang ditugaskan untuk wilayah asia pasifik.

Pada saat papua dikuasai oleh jepang, sekutu masuk pada tanggal 30, 31 maret.  Tanggal 2, 5, 7, 12 , dan 16 april 1944, sekutu yang dipimpin oleh mac arthur ini,  pertama kali masuk di wilayah hamadi kota jayapura.

Disinilah awal pendaratan sekutu. Tugu hamadi menjadi bukti pertama kalinya mac arthur memasuki wilayah jayapura.

Dengan 55 ribu pasukannya, mac arthur pun memasuki wilayah depapre dan mulai mendirikan benteng pertahanan.

Salah satu peninggalan dari mac arthur, ada 3 armada terbuat dari  besi  baja yang digunakan pada saat menyerang jepang.

Di daerah Depapre, kabupaten jayapura, ditemukan tanki minyak berukuran  besar yang ada di dalam hutan. Tanki minyak ini sebagai bahan bakar kapal-kapal perang tentara sekutu. Hanya dengan waktu  singkat, Mac Arthur berhasil mengusir jepang dari jayapura,  dan kembali ke filipina.

Di pegunungan ifar, tempat militer mac arthur dalam membuat strategi. Jika melihat lokasinya, memang sangat strategis yaa. Karena dari puncak bukit ini bisa melihat dan memantau pergerakan musuh.
Yaps itulah sedikit sejarah dari kota Jayapura..Nanti kita lanjut tentang hal menarik lainnya di Jayapura, trus nyambung ke Wamena yang kereeeeenn beut.. hehehe

 
----- Ceuceumeo--------
@nhaegerhana 
 

Comments

  1. Saya setuju dgn sedekah mbak, mamfaatnya terasa bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..iya mas..betul sekali..banyak manfaatnya..thx ya

      Delete

Post a Comment