Rahasia Dibalik Rafflesia




"Rafflesia sudah mekaaaar" terdengar kabar baik dari beberapa warga, saat kami sedang ada di Kota Rafflesia ini..

Woow.. pas bangeett ini, bisa melihat si cantik mekar.. Padahal, waktu tumbuh si bunga perlu waktu 1,5 - 2 tahun looh..

Bengkulu identik dengan bunga rafflesia arnoldi. Karena bunga ini, pertama kali ditemukan di kota Bengkulu. Bunga yang langka, memiliki keunikan dibandingkan dengan tanaman lain.

Proses mekar sempurna rafflesia biasanya hanya 7 hari... Dan hari itu, udah hari ke 4.. Masih ada waktu untuk mengintip bunga langka ini..


Di Kota inilah, salah satu daerah pertama kali ditemukannya refflesia  arnoldi, bunga terbesar di dunia.. Diameternya bisa mencapai 110 cm.  Rafflessia merupakan bunga yg unik, tanpa akar, daun, dan pohon. Tanaman parasit yang menumpang hidup pada tanaman inang yg dikenal dengan tenstrastigma.


Salah satu  bunga nasional  yang ditetapkan melalui  kepres no. 4/1993 sebagai puspa langka niih. 

Ditemukan pertama kali oleh Stamford raffles dan dr joseph arnold pada tahun 1818. Ada 25 jenis rafflesia di dunia. Di indonesia sendiri ada 14 jenis. Sedangkan di bengkulu ada 4 jenis rafflesia. rafflesia arnoldi, rafflesia gadutensis, rafflesia haseltii, dan rafflesia bengkuluensis.

Rafflesia membutuhkan hutan hujan tropis. Naah Bengkulu memiliki hutan hujan tropis yang cukup luas. Di kabupaten  taba penanjung Bengkulu tengah, dan kabupaten  kepahiang memiliki habitat rafllesia yg besar.

Hampir di sepanjang hutan kabupaten di bengkulu memiliki rafflesia. Yang sering mekar di kabupaten kepahiang looh. Tepatnya di  jalan lintas bengkulu, kepahiang km 52,5 desa tebat monok.

 
Waktu menunjukan Pukul us 09.00.. Tandanya kami harus segera melangkah menuju Kepahiang, bertemu Rafflesia..

Kami menuju Kabupaten Kepahiang..2 jam perjalanan dari Kota Bengkulu.. Sesampainya di lokasi, sudah ada spanduk bertuliskan Bunga Rafflesia. Waaah gak gampang ternyata, kita harus masuk hutan untuk mencari si bunga langka ini.

Jalan Hutan mencari jejak Rafflesia

Ambil gambar duyu yaaa

Tetep eksis boookk =P

Jalan yang cukup jauh, licin, berkelok, dan juga tanjakan tak membuat kami mundur.. Majuuu terus doong.. Ada juga beberapa wisatawan yang ingin melihat bagaimana bunga rafflesia ini mekar. Kami ditemani salah seorang penjaga yang merupakan anggota dari Kelompok Pecinta Rafflesia. Kalo gak ditemani, kita akan repot mencari titik rafflesia mekar.

Akhirnya, setelah menempuh hutan selama satu jam, kami menemukan lokasinya.. Rafflesia yang mekar ditandai dengan kayu dan pembatas agar tidak dirusak

Rafflesia yang dikasih pagar

 Ini dia Rafflesia yang mekar di hari ke 4..





Di hari ke 8, Rafflesia mulai membusuk. setelah membusuk tidak ada bekas dan hilang.. 


Rafflesia yang udah busuk

Rafflesia tumbuh dari bongkol.. Bongkol akan menempel pada inangnya.. Bongkol yang nempel di pohon itu yang nantinya tumbuh jadi Rafflesia.. Sayangnya agak jarang nemu si bunga yang satu ini.. Karena ulah manusia-manusia gak bertanggung jawab yang merusak hutan. Jadinya bongkol rusak.. Atau ada yang sengaja mencuri bunga ini.. Waaah TERLALU!!!

Calon Rafflesia

Bongkol yang akan tumbuh
Proses dari bongkol kecil, sampai ke mekar selama 1,5-2 tahun lebih.. Lamaaa kaaan????.. Bongkol-bongkol ini,  nantinya akan mekar menjadi bunga rafflesia.. Jika sudah mekar selama 7 hari, lama kelamaan warnanya akan berubah menjadi hitam..

Hati-hati kalo jalan di Hutan yaa.. Ini baru salah satu hewan kecil yang bisa ditemui.. 
 

Kalo udah cape berkeliling di hutan, jangan khawatir..karena ada warung yang menyediakan makanan dan minuman.. tinggal santap deh..eits jangan lupa bayar yaaa..

jajan dulu


Foto bersama komunitas Pecinta Rafflesia



ikut narsis nyaaa..hehee

Yeyeyeye..


Oia..jangan salah persepsi yaa.. Bunga rafflesia dan bunga bangkai berbeda looh.. Bunga rafflesia dan bangkai bukan bunga yg sama.. rafflesia tanaman parasit, sedangkan bunga bangkai dikenal dengan bunga kibut atau almopopalus titanum yg terkenal di dunia. Bunga bangkai memiliki pohon, batang dan daun, mengeluarkan bau busuk ketika proses mekar. Bau busuk untuk membantu penyerbukan  

Sooo…persepsi yg salah jika bunga bangkai disamakan dengan rafflesia..



------ Ceuceumeo ---------

@nhaegerhana

 

Comments

Post a Comment