Senyuman hangat Karst Maros


Sunset Karst Maros
JULI 2012..

Tak pernah terbayang olehku sebelumnya bisa melihat satu lukisan indah di tempat ini.. Aku hanya pernah membayangkan akan menyapa kota Makassar..itu saja..Dan ternyata begitu banyak sapaan yang harus kusampaikan karena lokasi yang kupijakan menyusuri kota ini beragam..

Senyuman hangat lukisan indah berupa perbukitan cadas yang sangat luas.. Luasnya 4.500 hektare. Karst Maros Pangkep.. Tak heran jika Karst Maros termasuk karst terbesar dan terindah kedua di dunia.

Bentuknya menyerupai menara-menara, membentuk pegunungan batu yang menjulang tinggi.. Kegagahan yang dibaluti keindahan ini serasa tersenyum begitu ramah.

Membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dari Kota Makassar. Jalan yang berkelok dan panjang, terbayar sudah dengan meneduhkan pandangan pada gugusan keindahan Karst Maros


Wajib narsis yaaaa







Selain keindahan Karst Marosnya, Makassar memiliki gua terpanjang di Indonesia.. Panjangnya 22 km.. Gua yang bernama Salungkallang. Gua yang terletak di wilayah taman nasional bantimurung bulusaraung, kabupaten maros.

Untuk memasuki gua, sebaiknya menggunakan peralatan khusus. Seperti helm dan senter. Mulut gua ukurannya kecil, sehingga ketika masuk  kita harus merayap. 

Di dalam gua, akan terlihat bebatuan kapur. Dinding gua yang bercahaya, mengkilap seperti berlian.   Beberapa spesies hewan pun ditemukan di gua salungkalang. Seperti laba-laba dan kecoak.

Jika terus menelusuri ke dalam gua, terdapat sungai yang kereeeeen looh..wooow..
Dibalik kesunyian gua salungkallang,  terdapat keindahan alam yang mengagumka..

Tidak hanya sampai di gua terpanjang..Ada juga gua terdalam. Gua berbentuk sumur tunggal, memiliki kedalaman 260 meter. Gua terdalam di indonesia ini, namanya gua leangputte. Diameter gua kira-kira seluas 60-80 meter.

Gua leang putte masih terletak di desa wisata samangki, kabupaten maros, sulawesi selatan. Tak hanya gua salungkalang dan leang pute saja yang ada di karst maros. Masih ada beberapa gua prasejarah lainnya yang berdiri tegak disana..






Mulut gua terpanjang


di dalam gua terpanjang




Pisss

Sempatkanlah menyapa karst yang menjadi incaran petualang di dunia karena keindahannya.. Dan nikmati petualangan menyusuri gua terpanjang, terdalam, sepanjang kabupaten Maros :D


@nhaegerhana


----------------Ceuceumeo-----------------

Comments

Popular posts from this blog

Makna Dibalik Tari Giring - Giring Kabupaten Timor Tengah Selatan

Cerita Rambut Merah Bilalang

Tari Biola Dari Desa Adat Fatumnasi Nusa Tenggara Timur