Sejarah Becak





Goes..goeees dulu aaaahh.. Pake becak emang nyenengin yaa.. tinggal duduk manis sambil menikmati angin yang bertiup..tseeehh berasa iklan shampo kaan.. hehe..

Di Indonesia banyak becak di tiap daerahnya yaa.. Tapi apa kalian tau sejarah becaaak???
Kota pertama di indonesia yang membuat becak, di makassar looh..

Awal mulanya, tahun 1869,  kendaraan beroda dua di buat di jepang dengan nama jinrikisha. Yang dibuat oleh orang amerika yang tinggal di jepang, sebagai alat transportasi untuk istrinya yang menyandang cacat..Jinrikisha pun menjadi kendaraan bangsawan di jepang. 





Masuk ke batavia sejak tahun 1930. Tetapi kiriman dari singapura dan hongkong. Nah tahun 1940 menjadi angkutan umum..Becak,  kini sudah menyebar di kota-kota indonesia yaa.. tariik maaang

Bentuknya pun beragam. Becak yang dikayuh sepedah ini/ masih diminati oleh warga kota, sebagai kendaraan umum yang praktis dan murah. Istilah becak sama dengan upah kecil-kecilan. Angkutan dari rumah tertentu dengan jarak dekat. Jumlah becak di makassar, sudah berkurang.

Karena sudah hampir tergantikan dengan keberadaan bentor. Bentor adalah gabungan becak dan motor. kendaraan ini menjadi kendaraan becak dan motor. Setiap bentor memiliki ciri khas masing-masing.

Becak yang dimodifikasi, dilengkapi dengan sound system. sehingga sepanjang bentor melewati lalu lintas, akan terdengar alunan musiknya/..wuiih bisa sambil nari-nari niiy.. heh



Comments