Nielson Mandela dan Makassar



Kita lanjutin perjalanan di Makassar yaaa...  Rasanya gak asik kalo gak bahas tentang Kota nya.. Ada apa lagi sih??

Ternyata nama makassar ada di beberapa negara. Pertama di cape town  afrika selatan. Kota kecil ini, dinamai makassar, karena keberadaan sosok sufi pejuang asal gowa, syekh yusuf..



Beliau adalah pahlawan nasional asal makassar. Dulunya, pernah diasingkan di cape town afrika selatan tahun 1694 oleh belanda. Disanalah beliau menyebarkan agama islam. Dan terbentuklah kota makassar.

Yang kedua,  di negara mozambik. Makassar adalah sebuah desa di ancuabe kecamatan provinsi cabo delgado kawasan timur laut negara mozambik. Desa ini terletak timur laut ibukota distrik ancuabe.




Jika melihat kedekatan geografis afrika selatan dan mozambik, konon syekh yusuf pun mengangkat derajat kaum budak hingga ke negara di ujung selatan benua afrika.

Dan ada juga nih di pante makassar, timor leste. Pante makasssar adalah sebuah kota di pantai utara timur leste. 281 km di sebelah barat dili, ibukota timur leste. Tahun 2006, penduduknya sebanyak 4.730 orang.. 



Orang bugis-makassar, dikenal sebagai salah satu suku di indonesia yang memiliki budaya merantau, sejak abad ke 17 orang makassar telah mengembangkan kebudayaan maritim.

Mereka mewarisi hukum niaga pelayaran, tidak hanya menguasai wilayah nusantara, tetapi mengarungi perairan-perairan ke negara lain.. hmmm..pantas aja yaa, nama makassar ada di beberapa negara.

Oia, hubungannya sama Nielson Mandela apa yaa?? hmmm..
Siapa yang gak kenal dengan Nielson Mandela??? ..


Presiden afrika selatan tahun 1994 – 1999. Ddikenal sebagai pejuang kemerdekaan melalui kegiatan anti apartheidnya. Apartheid adalah pemisahan ras,  oleh pemerintah kulit putih,  di afrika selatan.

Yang menarik adalah..Tokoh nasional yang menjadi inspirasinya. Mungkin kita menebak tokoh nasional nya siapaa??? Soekarno?? Soeharto?? Hatta??? NO!!

Jawabannya adalaaah... Syekh yusuf..Bahkan syekh yusuf disebut sebagai salah satu putra terbaik afrika selatan looh..

Syekh yusuf al makassar,  seorang ulama besar, tokoh sufi,  penyebar islam, dan pahlawan nasional asal gowa. Diasingkan oleh belanda ke cape town afrika selatan.

Disanalah beliau terus berjuang menyebarkan agama islam. Beliau wafat tanggal  23 mei 1699.  makam syekh yusuf dianggap sebagai tempat suci bagi muslim di afrika selatan.

Di indonesia, konon makam syekh yusuf berada di jalan syekh yusuf. perbatasan gowa dan makassar. Makam syekh yusuf setiap harinya dikunjungi masyarakat luar untuk berziarah..

Untuk menandai makam  syekh yusuf, dibuatlah ko’bang berukuran 11x11 meter persegi. Ada 10 makam lain. Yaitu istri dari sultan gowa/ raja gowa, dan pengikut serta kerabat syekh yusuf.

Tanggal 25 september 2005, Pemerintah afrika selatan  memberikan gelar pahlawan nasional kepada Syekh Yusuf.  Dan gelar pahlawan nasional,  diberikan tahun 1995 oleh pemerintah indonesia.

Itulah tentang Makassar dan Nielson Mandela.. :D

See Yaaa


@nhaegerhana
 



Comments