Benteng Marlborough Terbesar di ASia Tenggara

Setelah 8 hari menyusuri Setapak Jejak Jambi  kami melanjutkan perjalanan ke Bengkulu dnegan menggunakan jalan darat. Perjalanan selama 8 jam siap ditempuh..



Travel ke Bengkulu berangkat pukul 21.00 .. Kusiapkan antimo sebagai senjata dalam perjalanan.. Perjalanan yang menguji adrenalin. Jalan yang berkelok-kelok, gelap, dan kecepatan tinggi mobil yang kami kendarai. Kabarnya, tidak boleh tertinggal rombongan travel atau mobil lain yang melintas perbatasan jalan antara Jambi dan Bengkulu. Karena dikhawatirkan adanya Preman yang biasa muncul di tengah perjalanan untuk merampok.. ouughh tidaaak!!!

Kami tiba pukul 06 pagi. Obat yang mujarab, membuatku tertidur lelap seperti pingsan.. Kota yang panas, tampak teduh dengan keramahan masyarakatnya.. Ah rasanya kakiku sudah tak sabar ingin melangkah menyusuri Kota ini..

 # Benteng Marlborough

Inilah Benteng terbesar di Asia Tenggara..



Pintu masuk

Ga afdol kalo ga nampang =D
Benteng Marlborough adalah salah satu peninggalan sejarah bangsa inggris di kota bengkulu. Benteng ini dibangun dari tahun 1709 sampai 1719. Letaknya ada di jalan ahmad yani,  kecamatan teluk segara kota bengkulu. Tepatnya di tepi pantai tapak paderi Kota Bengkulu.

Luas area benteng ini lebih dari 4 hektar. Bagian depan benteng, memiliki pintu gerbang utama tinggi,  yang dihubungkan dengan jembatan. Sejak tahun 1714, selain sebagai pusat pertahanan militer, benteng ini juga berfungsi sebagai kantor pusat perdagangan dan pemerintahan Inggris.

Benteng ini punya desain yang unik. Jika dilihat dari udara, bentuknya menyerupai kura-kura..Ada bangunan yang menyerupai empat kaki, dan sekelompok bangunan yang menyerupai kepalanya.

Benteng malborough terkenal sangat kokoh. Saat gempa menghancurkan bangunan di kota Bengkulu pada tahun 2000, benteng initidak terkena efeknya sama sekali..Dindingnya tebal, tebalnya dari 1,8 sampai ada yang mencapai 3 meter.

Sejak tahun 1984, benteng fort marlborough dijadikan objek wisata sejarah, dengan status bangunan cagar budaya. Peninggalan di benteng ini, berupa foto, lukisan, 8 meriam di halaman bangunan/. Dan juga makam petinggi inggris yang terbunuh oleh masyarakat bengkuluyaitu makam Residen Thomas Parr. 

Nama benteng diambil dari bangsawan inggris yang memenangkan pertempuran melawan prancis..Nama dialah sebagai panglima perang inggris diabadikan.




Comments