Anak Gembel Gimbal Dieng

NOVEMBER 2013

Kalo denger kata Dieng.. apa sih yang kamu pikirin????

Yang terlintas adalah dingiiiiiiiiiiiinnnn... bbbbrrrr..
Selain dienginnya itu, terlintas anak gembel, gunung, bukit, aaaah pemandangan nya oketa deeh.. 

Rasanya tas hampir meluap karena padat isinya.. Padahal pakaian yang dibawa tidak sebanyak biasanya.. Pakaian hangat, jaket, topi. sarung tangan, beberapa pasang kaos kaki,  yang membuat tas berasa sesak..
Kalo kalian liat Bob Marley, anak2 regee, kaka slank.. yaah mereka sih emang gimbal karena digimbalin.. Naah ini dia.. Di dieng, ada yang namanya fenomena Anak Gembel..whaatt?? iyaah.. jadi mereka ini berambut gembel dengan sendirinya, secara tiba-tiba.. Yaah ga waktu lahir siih.. Menginjak usia 2 tahun atau di 4 tahun baru deh tumbuh rambutnya yang gimbal..

Ada dua jawaban KENAPA?????

Kalo dilihat secara ilmu kedokteran, menurut dr. budiyono,mph,mmr – kepala puskesmas rawat inap kejajar,  yang sudah dari tahun 1991 tinggal di Dieng.. begini niih katanya :

“dari sisi kesehatan, anak gimbal karena sakit panas..pilek rambut tidak disisir..akhirnya menggumpal. dari sisi kesehatan karena kurang kebersihan.”
Kalo dilihat dari segi kesehatan, rambut anak gimbal ini disebabkan karena lingkungan yang dingin. ketika anak saki,/ tidak dimandikan.. sehingga rambut mengeras, bercampur debu. Akibatnya rambut menjadi gimbal.
Rambut anak gimbal ini, dibandingkan tahun 90an sudah berkurang sekitar 60 persen. karena masyarakat sudah menyadari akan kesehatan,dan sudah mau berobat jika sakit.
Konon, menurut kepercayaan dieng setempat,rambut anak gimbal ini, terjadi karena anak tersebut adalah anak dari leluhur ki ageng kolo dete.
 mbah naryo – pemangku adat dieng bilang gini :
“itu memamng sudah titipan dari samudra kidul. cerita rakyat sini. dari kolodete.”
Anak yang berambut gimbal di dieng, disebut anak gembel,  menjadi ciri khas dari dieng itu sendiri.  tidak semua anak berambut gimbal.  hanya anak tertentu saja.   menurut kepercayaan masyarakat adalah anak yang spesial.
Rambut anak gembel tidak boleh dipotong, sampai anak tersebut yang memintanya. karena mereka menganggap akan ada bencana jika rambut dipotong tanpa keinginan si anak. 
jika sudah ada keinginan untuk dipotong rambutnya/ maka permintaan apapun harus dipenuhi oleh orangtuanya.
lalu diadakan upacara khusus untuk memotong rambut anak gembel ini. Upacara ruwatan untuk melepas balak atau bencana. melalui upacara tradisi ruwatan rambut gembel.
Alfariji contohnya.. anak gembel kelas 6 SD.. Orang tuanya tidak memiliki rambut gembel.. Dan dia, baru berambut gembel di usia 2 tauun.. Gejala awaknya sakit panas, dan sampe sekarang rambutnya masih gembel.. Alfariji beum mau dipotong rambutnya.. liat aja tuh rambutnya, udah panjaaaang banget kaaan?? katanya, dia mau minta Kuda sama cambuknya kalo dipotong nanti.. Dan itu harus diturutin looh.. kepercayaan mereka seperti itulah..

Kangen juga sama Alfariji.. anaknya manis, pinter, suaranya juga oke looh kalo nyanyi.. Dan dia hafal lagu2 Slank.. dan ngefans sama SLANK.. anak SD udah hafal aja deh lagu-lagu dewasa.. hehe



---- Ceuceumeo----
@nhaegerhana

Comments